Jumat, 25 November 2016

Adakah Cara Mudah Menambah RamAndroid ?


Masyarakat sekarang ini lebih banyak memilih hp android yang membanderol harga murah namun memiliki kualitas yang bagus. Setiap gadget tentu saja membawa kelebihan serta kekurangan yang dapat dirasakan oleh para penggunanya. Diantara salah satu kekurangan yang dibawa pada hp android adalah terletak pada kurangnya RAM. Ketika anda mendapati RAM berukuran kecil pada hp android yang anda beli, lantas bisakah anda mencari cara mudah menambah RAM android?.



RAM (Random Acces Memory) adalah sesuatu yang tidak bisa dirubah baik dengan cara ditambah, diganti atau dengan cara dikurangi. RAM berfungsi sebagai penghandle multitasking aplikasi yang sedang dijalankan. Tanpa adanya sebuah RAM, maka hp androidtidak akan dapat dioperasikan. Hp android yang anda miliki tentu mempunyai kapasitas RAM yang bisa saja berukuran MB bahkan KB. RAM yang terdapat pada hp smartphone terpasang dalam ukuran yang berbeda. Anda sebagai pecinta hp berbasis android tentu yang anda cari ketika membeli hp smartphone adalah ukuran RAM besar. Bagi anda, RAM yang berkapasitas besar akan mampu menambah aplikasi. Namun, bagaimana dengan RAM yang kecil, adakah cara mudah menambah RAM pada android?


Anda tidak akan bisa membuat cara mudah menambah RAM android, namun yang bisa anda lakukan adalah memaksimalkan kinerja RAM. Untuk memaksimalkan kinerja internal RAM pada hp android, dapat dilakukan dengan menciptakan Virtual memory. Metode yang dapat digunakan yaitu metode Swap File, Swap Partition atau ZRAM. Swap file adalah memanfaatkan sisa file yang ada di Storage sebagai RAM penambah meningkatnya kinerja aplikasi yang sedang berjalan.


Tidak ada cara mudah menambah RAM android selain melakukan pemaksimalan kinerja android dengan menginstall aplikasi swapper dan menjalankan aplikasi tersebut dengan cara mengaktifkan swap on boot, lalu pada bagian swap file position pilihlah SD Card FAT partition dan pada bagianukuran swap fileanda harus memasukkan nilai berupa angka untuk dipergunakan oleh virtual memory, setelah itu anda save pengaturan yang telah anda lakukan. Semoga langkah untuk memaksimalkan kinerja RAM diatas dapat membatu anda yang memiliki jumlah RAM kecil pada hp android.


0 komentar