Jumat, 13 Maret 2015

Mengatasi Tampilan Icon yang Rusak pada Browser

Tampilan icon browser chrome dan firefox yang rusak

Tampilan icon yang rusak pada browser memang sangat mengganggu kenyamanan kita pada saat sedang asik browsing melalui internet. Banyak orang yang tidak peduli masalah sepele ini, namun bagi sebagian orang itu pasti sangat mengganggu, termasuk saya. Sudah satu bulan lamanya browser saya (Chrome dan Firefox) mengalami masalah tersebut. Saya sudah mencari solusi dengan cara browsing melalui internet tapi tak berbuah hasil dan pada akhirnya saya menemukan solusi pasti dari masalah tersebut.

Awalnya saya bingung apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut dan seseorang di forum berkata bahwa "ada yang salah pada font", entah itu font browser ataupun font bawaan Windows. Tetapi dari perkataan seseorang tersebut saya langsung teringat bahwa saya pernah memodifikasi font bawaan Windows satu bulan yang lalu. Saat itu pun saya langsung mencoba untuk merestore kembali pengaturan font bawaan Windows ke pengaturan default dan jreeng jreeng, akhirnya browser saya kembali seperti sedia kala dan bisa menampilkan icon dan teks dengan jelas.

Bila teman-teman bingung bagaimana sih kerusakannya? silahkan bisa melihat contoh icon yang rusak pada browser saya dibawah ini. Di klik saja gambarnya supaya lebih jelas.

contoh icon yang rusak pada kaskus.co.id

contoh icon browser chrome yang rusak

Sebenarnya di gambar yang paling atas sudah menunjukkan kerusakan tersebut namun tambahan gambar ini agar lebih memperjelas saja. 

Nah sekarang bagaimana cara mengatasinya? ya dengan merestore kembali pengaturan font Windows ke pengaturan default. Caranya? silahkan lihat tutorial dibawah ini
  • Klik "Start Menu" dan masuk ke "Control Panel" lalu cari menu "Fonts"
  • Klik "Font setting", jika sudah maka tampilannya akan seperti ini
tutorial fix icon browser yang rusak


  • Klik "Restore default font setting"
  • Reload browser kalian dan pastikan tampilan icon yang sebelumnya rusak sudah kembali seperti sedia kala.
Begitulah cara Mengatasi Tampilan Icon yang Rusak pada Browser. Bila sudah melakukan tutorial diatas namun masih memiliki masalah tersebut, silahkan untuk bertanya di kolom komentar. Perlu diingat bahwa tutorial ini bukan hanya untuk browser Chrome dan Firefox saja, namun juga untuk semua browser yang mengalami masalah yang serupa.

0 komentar