Rabu, 26 Februari 2014

Komputer Hang Karena Proses DllHost.exe? Ini Solusinya


Apakah teman-teman pernah mengalami masalah hang pada komputer yang disebabkan oleh proses DllHost.exe yang terlalu memberatkan RAM? Ya, ini baru saja terjadi pada saya. Sejak kemarin saya bingung karena tiba-tiba saja komputer menjadi lemot dan sering hang disaat saya sedang asik edit video dan edit photo. Problem ini timbul hanya saat saya melakukan edit foto dan video dengan menggunakan Photoshop dan Sony Vegas. Saya menjadi tambah bingung. Saya memutuskan untuk searching di internet. Banyak orang yang berkata bahwa letak permasalahnnya ada pada codec pack, virus dan lain sebagainya. Problem ini sering banyak ditemui pada Windows 7 64 bit. Akhirnya saya ikuti cara dan tutorial yang mereka berikan agar komputer saya bisa kembali normal. Tapi sayangnya tidak membuahkan hasil. Kemudian saya menemukan seseorang dengan permasalahan yang sama dengan saya di forum Windows 7. Saya lupa nama forum itu apa tetapi setelah saya membaca thread tentang permasalahan tersebut saya menemukan cara yang ampuh untuk menanggulanginya. Ternyata problemnya ada pada thumbnails video pada folder "C:\Users\Nama KomputerAnda\Downloads\Video". Mungkin ada benarnya problem dllhost.exe disebabkan oleh beberapa hal termasuk virus, tetapi tidak ada salahnya mencoba tutorial ini. Kemungkinan saja permasalahan teman-teman sama dengan yang saya alami. Oke, sebenarnya caranya simpel dan mudah saja. Oke kita langsung ke tutorialnya saja.

Note : Jangan lupa untuk menutup proses "dllhost.exe" di "Task Manager" dahulu sebelum mengikuti tutorial

  1. Masuk ke Library dan klik "Tools" pada Menu Bar.
  2. Akan muncul pop up "Folder Options". Klik tab "View". Centang tulisan "Always show icons, never thumbnails". Setelah itu Uncentang tulisan "Display file icon on thumbnails".
  3. Selesai, coba teman-teman masuk ke folder "C:\Users\Nama KomputerAnda\Downloads\Video" dan coba buka "Task manager". Coba perhatikan apakah proses DllHost.exe akan terus bertambah memory usage nya? Jika tidak berarti permasalahan selesai.

1 komentar

Maz Upin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.