Sabtu, 22 Februari 2014

Tutorial Install Windows 7 (Clean Install)


Tutorial ini saya buat untuk teman-teman yang belum tahu bagaimana caranya untuk menginstall Windows 7 dalam keadaan clean alias clean install. Yah, ini memang sangat penting mengingat jika kita menginstall windows 7 dengan cara biasa, seperti menginstall aplikasi biasa, ini akan menyebabkan banyak problem. Anggapannya jika mau pekerjaan kita menjadi produktif, pasti ruangan kerja kita harus bersih, nyaman, dsb. Ini sama saja dengan Windows. Bila diinstall dengan baik dan benar (clean install), pasti Windows nantinya tidak akan mendapatkan masalah alias berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Oke tidak usah berlama-lama langsung saya beritahu tutorialnya. Maaf tidak ada gambar karena saya sedang tidak melakukan proses install, siapkan saja buku dan bolpoin untuk mencatat tutorial ini.


  1. Download dahulu Windows 7 disini bagi yang belum punya. Bagi yang sudah punya, tinggal di burn saja ke CD atau DVD dengan menggunakan software burn seperti Nero, Alcohol, CloneCD, dsb.
  2. Restart komputer. Jangan ditinggal yah. haha!
  3. Masuk ke BIOS dan set DVD-ROM sebagai boot pertama. Lalu save dan exit BIOS. Setelah itu restart otomatis.
  4. Saat komputer booting ada tulisan "Press any key to boot from CD or DVD...." pencet aja sembarang tombol keyboard. Setelah loading selesai nanti akan muncul setup windowsnya.
  5. Di setup windows pilih languange, time and currency serta keyboard inputnya. Optional aja sih ini. Jika sudah klik "Install Now"
  6. Disini akan tertampil pilihan versi Windows (x86 atau x64, Windows 7 Ultimate, Starter, dsb) saya sarankan pilih yang ultimate aja. bit nya terserah kalian mau x86 atau x64. Jika RAM diatas 2 GB sih bagusnya pilih yang x64 saja.
  7. Klik "I Accept" 
  8. Klik "Custom (advanced)
  9. Akan muncul tampilan Drive. Disini anda pilih mau diinstal di drive mana Windows 7. Bagusnya di Drive C. Setelah itu diklik Drivenya lalu pilih menu "Format" ( ada di bagian bawah )
  10. Setelah selesai di Format lalu klik "Install" di Drive tersebut.
  11. Tunggu proses install sampai selesai, nanti akan restart otomatis
  12. Setelah komputer restart nanti ada pilihan username, password, timezone, current location. itu diisi sesuka hati kalian saja.
  13. Biasanya komputer akan restart lagi dan proses instalasi Windows 7 selesai. Selamat menikmati Windows 7 baru! :D



0 komentar