Selasa, 03 Maret 2015

Cara Mengetahui Kemampuan Komputer Dalam Memainkan Sebuah Game

Can You Run It

Untuk menikmati sebuah video game di Komputer, terkadang kita bingung mampu atau tidak mampukah Komputer kita dalam memainkan game tersebut. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan melihat spec requirement yang dibutuhkan dalam memainkan game tersebut. Semua developer dan publisher video game sudah pasti memberitahukan spec requirement apa yang dibutuhkan atau bisa dikatakan komputer dengan kekuatan dapur pacu tertentu saja yang bisa memainkan game yang mereka ciptakan. Dengan cara seperti itu sebagian orang pasti ada yang masih merasa bingung bahkan spesifikasi komputer yang mereka miliki saja, mereka masih bingung. Mungkin bisa dibilang sangat awam dalam dunia komputer dan video game. Bagi kalian yang memiliki tipe ini, cara terbaik yang mungkin bisa kalian lakukan adalah dengan cara mengecek online system requirement yang dibutuhkan dalam sebuah game agar game tersebut nyaman dimainkan di komputer kalian. Salah satu situs untuk mengecek system requirement dalam memainkan sebuah game adalah www.systemrequirementslab.com atau yang biasa disebut CYRI (Can You Run It). Situs ini sangat bagus untuk kalian para gamers yang masih awan tentang system requirement. Di situs tersebut, banyak sekali database game dan penggunaannya juga sangat mudah. Jika kalian masih bingung dengan situs tersebut, saya akan memberitahu secara detail cara menggunakan situs tersebut.
  1. Download Java Browser.
  2. Masuk ke situs www.systemrequirementslab.com.
  3. Di kolom "Search for a game", silahkan kalian pilih game apa yang ingin kalian mainkan.
  4. Jika sudah selesai memilih, klik "Can You Run It".
  5. Muncul Pop up dan pilih "Automatic Detection" lalu klik "Start".
  6. Muncul Pop up "Gathering computer information". Biarkan saja.
  7. Muncul Pop up "Do u want to run this application" milik Java. Klik "Run".
  8. Tunggu sampai situs tersebut berhasil mendeteksi spesifikasi komputer kalian.
  9. Setelah halaman refresh, akan ada tulisan "minimum" dan "recommended", 
Penjelasan tentang "minimum" dan "recommended" di situs www.systemrequirementslab.com

Jika ada tanda centang di kedua tulisan tersebut, berarti kalian bisa memainkan game tersebut tanpa ada masalah di setting high sekalipun. Jika hanya minimum saja yang ada tanda centang, berarti kalian hanya bisa menikmati game tersebut di setting low. Tapi, jika tidak ada centang dan tulisan berwarna merah, bukan hijau, berarti kalian komputer kalian tidak mampu untuk memainkan game tersebut bahkan di setting low sekalipun. Sebaiknya urungkan niat saja untuk memainkan game tersebut. Walaupun bisa dijalankan, akan sangat tidak nyaman saat memainkannya karena game yang dimainkan akan mengalami lag.

Mungkin itu saja yang bisa saya share tentang "Cara Mengetahui Kemampuan Komputer Dalam Memainkan Sebuah Game", Semoga saja komputer kalian dapat memainkan game yang kalian inginkan ya. Memang saat ini budget yang harus dikeluarkan untuk memainkan game terbaru sangat mahal karena membutuhkan system requirement yang sangat tidak masuk akal atau berat di kantong bagi gamer-gamer yang memiliki pendapatan yang kecil. Jadi, pilihlah game yang benar-benar masuk akal untuk bisa dimainkan di Komputer kalian karena akan sangat kasihan melihat komputer yang memiliki spesifikasi yang lemah tetapi dimainkan game yang sangat berat.

0 komentar